0

Tips Mengurangi Kecanduan Rokok


Merokok memang merugikan baik dari kesehatan (dilihat dari bungkusnya saja tidak perlu disebutkan lagi bukan? biggrin), dan juga dari ekonomi (ada istilah, 'duit kok dibakar..'wink. Meskipun sebenarnya, merokok tidak melulu merugikan. Ah yang benar? Memang diakui atau tidak, adakalanya merokok justru bersifat menguntungkan. misalnya saja, merokok menambah konsentrasi ketika mengerjakan hal yang membutuhkan ketelatenan, juga merokok bisa mempermudah seseorang untuk bergaul (terutama para laki-laki biggrin. Dan satu lagi, merokok bisa membuat orang menjadi rileks dan merasa kurang beban pikiran untuk sesaat. Tapi walau bagaimanapun juga, tetap saja lebih banyak kerugian daripada keuntungannya jika kita merokok.



1. Jangan pegang uang tunai
Lah, apa hubungannya? Jelas ada lah. Ini bertujuan agar teman tidak bisa sesuka hati membeli rokok ketika sedang ingin merokok biggrin. Pasti sedikit banyak kamu pasti malas untuk mengambil uang di ATM hanya untuk membeli rokok, selain akan terlihat boros karena harus mengambil tabungan hanya untuk dibakar. Betul tidak? biggrin
2. Cari pacar yang benci perokok
Lantas sering sering habiskan waktu dengan si dia. Walhasil waktu kamu untuk merokok akan banyak tersita untuk pacaran biggrin. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan nasehat (atau lebih tepatnya larangan biggrin) dari pacarmu yang anti rokok tersebut.

3.Bercita-citalah mempunyai barang yang mahal
Mungkin sobat ingin mengganti handphone yang sudah butut dengan ponsel android, atau ingin beralih duduk di motor usang ke motor matic keluaran terbaru? Kalau sudah tahu apa yang diimpikan, lantas kalkulasikan dana untuk memperoleh barang tersebut. Setelah itu bagi dengan harga 1 bungkus rokok. Jadi berapa bungkus rokok yang bisa ditukar dengan motor keren? biggrin Pasti pernah terbersit dalam pikiran kita, "andai saja aku tidak merokok, pasti aku sudah...". Nah, mulai sekarang buang pikiran itu!

4. Sering seringlah memperhatikan orang yang kekurangan
Hayoo.. Pasti merasa sangat berdosa bukan, ketika kita dengan enaknya membeli rokok kemudian membakarnya, sementara masih ada banyak orang yang makan sehari sekali? Jadi selain bisa menahan diri untuk tidak merokok, dengan sesekali melihat kondisi orang-orang di sekitar kita yang masih kekurangan juga akan membuat rasa empati dan kepedulian sosial kita bertambah.

5. Setiap membakar sebatang rokok, bakar juga uang senilai rokok tersebut
Pasti sayang deh, meskipun cuma seribu rupiah juga. Lagipula bisa dimarahi kalau ketahuan, mungkin dipenjara karena membakar uang? biggrin Tips ini tidak direkomendasikan, (kalau tidak direkomendasikan kenapa ditulis?). Biarin aja... biggrin.



0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top